Pages

Popular Posts

Friday, April 12, 2013

RPP Pencerminan Bangun Datar Matematika Kelas IV


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN Cibaduyut I
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : 4 (empat)
Semester                      : Genap
Alokasi Waktu            : 2x35 menit
Hari / Tanggal             : Selasa, 19 Maret 2013
1.      Standar Kompetensi
1.1.Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar.

2.      Kompetensi Dasar
2.1.Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar.

3.      Indikator
3.1. Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar.

4.       Tujuan
4.1. Siswa dapat menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar dengan benar melalui diskusi kelompok.

5.      Karakter yang Diharapkan
5.1. Percaya diri (confident)
5.2. Kerja sama (cooperation) dalam kelompoknya untuk menyelesaikan persoalan matematika

6.      Materi Pokok

7.      Langkah-langkah Pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal
Apersepsi
-          Berdoa, mengecek kehadiran siswa, mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.  
-          Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
-          Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu dan memberitau judul materi yang akan diajarkan.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Membentuk beberapa kelompok belajar.
7.2.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          guru bertanya kepada siswa tentang hal yang berhubungan dengan pencerminan bangun datar.
-          Setiap siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai pencerminan bangun datar yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
-          Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) kepada masing-masing kelompok.
-          Guru menjelaskan tata cara kerja LKS dan membagikan alat peraga berupa cermin duduk dan bangun datar.
-          Siswa mengerjakan LKS bekerja sama dalam kelompoknya.

Elaborasi
-          Guru membimbing setiap kelompok dalam menyelesaikan tugasnya.
-          Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas.
-          Siswa bersama-sama dengan guru menyamakan persepsi dan pendapat.
-          Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
-          Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

Konfirmasi
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

7.3.Kegiatan Akhir
-          Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan.
-          Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan.
-          Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan.
-          Pemberian tugas pekerjaan rumah.
-          Pengkondisian kelas untuk pulang.
-          Berdoa dan siswa diperkenankan untuk pulang.

8.      Pendekatan/Metode/Alat/Media/Sumber
8.1. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan tidak langsung, guru memberikan soal/permasalahan di awal kegiatan pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator yang bertugas untuk membimbing dan memberi penguatan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kontruktivis.
8.2. Metode yang digunakan adalah metode pemecahan masalah, tanya jawab, dan pemberian tugas.
8.3. Alat Peraga    : Cermin duduk, bangun datar, kertas berpetak, dan penggaris.
8.4.Media              : Papan Tulis, Spidol, dan Penghapus
8.5.Sumber            : Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika Jilid 4 untuk SD dan MI (BSE).Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

9.      Evaluasi
9.1.Bentuk            : Tes Lisan (Presentasi) dan Tes Tulisan (Latihan Soal)
9.2.Teknik             : Tes dan Asesmen (Sikap)
9.3.Soal                 :
LKS
Langkah-langkah Pengerjaan
-          Jaga baik-baik cermin duduk dan alat-alat lainnya.
-           Pilihlah bangun datar yang kamu sukai.
-          Lalu letakan bangun datar tersebut di permukaan berpetak depan cermin.
-          Lihatlah apa yang terjadi pada bangun datar yang ada pada cermin.
-          Lihat jarak antara bangun datar yang ada pada cermin dengan bangun datar sesungguhnya yang ada di permukaan berpetak.
Jawablah pertanyaan di bawah ini:
-          Apakah ukuran dan bentuk bangun datar yang ada pada cermin sama dengan bangun datar yang sesungguhnya?
-          Berapa petak jarak antara bangun datar yang ada pada cermin dengan bangun datar sesungguhnya?
-          Gambarlah percerminan bangun datar pada kertas berpetak! Gunakan penggaris untuk menggambar agar lebih rapih!


Latihan Soal
9.4.Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Cibaduyut I


(      Eli Meivawati     )
NIP/NIK : 1102992

Bandung,      Maret 2013         
Guru Kelas IV



(        Siska Alwiyah        )
NIP/NIK : 1103097

No comments:

Post a Comment