Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Cibaduyut I
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
4 (empat)
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
2x35 menit
Hari / Tanggal :
Selasa, 19 Maret 2013
1. Standar
Kompetensi
1.1.Memahami sifat
bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar.
2. Kompetensi
Dasar
2.1.Menentukan
hasil pencerminan suatu bangun datar.
3. Indikator
3.1.
Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar.
4. Tujuan
4.1.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar dengan benar
melalui diskusi kelompok.
5. Karakter
yang Diharapkan
5.1.
Percaya diri (confident)
5.2.
Kerja sama (cooperation) dalam kelompoknya untuk menyelesaikan persoalan
matematika
6. Materi
Pokok
7. Langkah-langkah
Pembelajaran
7.1.
Kegiatan Awal
Apersepsi
-
Berdoa, mengecek kehadiran siswa,
mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
-
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
-
Mengajukan beberapa pertanyaan materi
minggu yang lalu dan memberitau judul materi yang akan diajarkan.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Membentuk beberapa kelompok belajar.
7.2.Kegiatan
Inti
Eksplorasi
-
guru bertanya kepada siswa tentang hal
yang berhubungan dengan pencerminan bangun datar.
-
Setiap siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai pencerminan bangun datar yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
-
Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS)
kepada masing-masing kelompok.
-
Guru menjelaskan tata cara kerja LKS dan
membagikan alat peraga berupa cermin duduk dan bangun datar.
-
Siswa mengerjakan LKS bekerja sama dalam
kelompoknya.
Elaborasi
-
Guru membimbing setiap kelompok dalam
menyelesaikan tugasnya.
-
Setiap kelompok melaporkan hasil
diskusinya di depan kelas.
-
Siswa bersama-sama dengan guru
menyamakan persepsi dan pendapat.
-
Guru
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
-
Guru memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
Konfirmasi
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
7.3.Kegiatan
Akhir
-
Guru mengajukan pertanyaan sekitar
materi yang diajarkan.
-
Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan.
-
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan.
-
Pemberian tugas pekerjaan rumah.
-
Pengkondisian kelas untuk pulang.
-
Berdoa dan siswa diperkenankan untuk
pulang.
8. Pendekatan/Metode/Alat/Media/Sumber
8.1.
Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan tidak langsung, guru memberikan
soal/permasalahan di awal kegiatan pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator
yang bertugas untuk membimbing dan memberi penguatan kesimpulan. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kontruktivis.
8.2.
Metode yang digunakan adalah metode pemecahan masalah, tanya jawab, dan
pemberian tugas.
8.3.
Alat Peraga : Cermin duduk, bangun
datar, kertas berpetak, dan penggaris.
8.4.Media
: Papan Tulis, Spidol, dan
Penghapus
8.5.Sumber
: Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika Jilid 4 untuk SD dan
MI (BSE).Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
9. Evaluasi
9.1.Bentuk
: Tes Lisan (Presentasi) dan
Tes Tulisan (Latihan Soal)
9.2.Teknik
: Tes dan Asesmen (Sikap)
9.3.Soal
:
LKS
Langkah-langkah Pengerjaan
-
Jaga baik-baik cermin duduk dan
alat-alat lainnya.
-
Pilihlah
bangun datar yang kamu sukai.
-
Lalu letakan bangun datar tersebut di
permukaan berpetak depan cermin.
-
Lihatlah apa yang terjadi pada bangun
datar yang ada pada cermin.
-
Lihat jarak antara bangun datar yang ada
pada cermin dengan bangun datar sesungguhnya yang ada di permukaan berpetak.
Jawablah pertanyaan di bawah ini:
-
Apakah ukuran dan bentuk bangun datar
yang ada pada cermin sama dengan bangun datar yang sesungguhnya?
-
Berapa petak jarak antara bangun datar
yang ada pada cermin dengan bangun datar sesungguhnya?
-
Gambarlah percerminan bangun datar pada
kertas berpetak! Gunakan penggaris untuk menggambar agar lebih rapih!
Latihan Soal
9.4.Kriteria
Penilaian
1.
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN
Cibaduyut I
(
Eli Meivawati )
NIP/NIK : 1102992
|
|
Bandung, Maret 2013
Guru Kelas IV
(
Siska Alwiyah )
NIP/NIK : 1103097
|
No comments:
Post a Comment