Rencana Studi
Calon Penerima Beasiswa Magister
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan
Oleh : Eli Meivawati, S.Pd.
A. Latar Belakang dan Motivasi
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Setiap detik kehidupan manusia pasti tidak terlepas dari pendidikan. Setiap pengalaman, setiap kejadian, dan setiap hembus nafas adalah pendidikan.
Perkembangan dalam bidang pendidikan merupakan hal yang penting. Tanpa adanya usaha dalam bidang pendidikan, kemajuan bagi bangsa Indonesia niscaya menjadi hal yang sulit karena bagaimanapun pendidikan adalah sumber dari munculnya bidang-bidang lain seperti ekonomi, hukum, sosial, dan lain sebagainya. Secara formal usaha untuk mewujudkan pendidikan yang bemutu harus dimulai dari lapisan pendidikan terendah yaitu pendidikan anak usia dini. Penelitian merupakan salah satu cara yang dilakukan agar pendidikan dapat berkembang. Ketika pendidikan semakin berkembang, maka secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan efek kepada bidang-bidang lain. Efek domino ini dapat terjadi ketika pendidikan dijadikan sentral kehidupan masyarakat.
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 5 ayat 1 (UU Sisdiknas, 2003) yang menegaskan bahwa “setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memeroleh pendidikan yang bermutu.” Hal tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan wajib belajar 12 tahun. Dimana kini hak dasar warga negara menjadi suatu kewajiban bagi pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan bermutu dari mulai pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, hingga perguruan tinggi.
Di era globalisasi seperti saat ini, setiap individu harus siap mendunia dengan kemampuannya yang telah diperoleh dari pendidikan. Kompetensi dalam berbagai aspek seperti keterampilan intelektual, moral, dan sosial sangat diperlukan oleh setiap individu agar mampu bertahan hidup dan berbaur dalam masyarakat. Pasal 1 ayat 1 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas, 2003) bahwa :
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Dari undang-undang tersebut dapat kita pahami bahwa mengejawantahkan pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan negara merupakan hal yang penting. Usaha sadar yang dilakukan mengenai pendidikan harus benar-benar dapat diaplikasikan dengan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang dapat membawa peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.
Mengingat betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan, maka sangat diperlukan upaya-upaya untuk mengembangkan pendidikan. Semua itu dilakukan agar tercipta masa depan yang unggul, maju, dan mampu berkompetensi ditengah hujaman zaman. Salah satu upaya untuk mengembangkan pendidikan adalah dengan melakukan berbagai kajian dan penelitian dibidang pendidikan. Oleh karena itu, saya sangat tertarik untuk mendalami ilmu penelitian pendidikan agar niat saya untuk turut serta berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan dapat terwujud dalam tindak langkah yang benar.
B. Program Studi
Program studi yang saya ajukan adalah Magister Pendidikan (M.Pd). Adapun rincian mengenai program studi tersebut adalah sebagai berikut.
Program studi yang diajukan
|
Magister Pendidikan dengan spesialisasi
pada penelitian dan evaluasi pendidikan
|
Institusi penyelenggara
|
Universitas Negeri Yogyakarta
|
Jenis Program
|
Reguler
|
Gelar
|
Magister Pendidikan, dengan abrevasi M.Pd
|
Akreditasi
|
Akreditasi Prodi PEP A dari BPA-PT
|
Sekilas tentang institusi penyelenggara
|
Universitas Negeri Yogyakarta merupakan
salah satu universitas ternama di Indonesia, terkenal sebagai salah satu
universitas yang mempelopori pengembangan pendidikan di Indonesia.
|
C. Waktu Perencanaan Studi
Waktu perencanaan studi direncanakan selama 24 bulan, dimulai dari bulan Juli 2016 dan selesai pada Juni 2018. Adapun garis waktu pelaksanaan studi adalah sebagai berikut.
Tahun
|
2016
|
2017
|
2018
|
|||||||||||||||||||||
Semester/Bulan ke-
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Semester
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Mata Kuliah
Mata kuliah pada program magister penelitian dan evaluasi pendidikan dipersyaratkan menempuh 48 sks yang terbagi dalam tiga jenis mata kuliah. Adapun rincian mengenai rencana mata kuliah yang akan diambil adalah sebagai berikut.
No
|
Kode
|
Mata Kuliah
|
Semester dan SKS
|
Total SKS
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
I. Mata Kuliah PPs
|
|
|
|
|
10
|
||
1
|
PAS8201
|
Filsafat Ilmu
|
2
|
|
|
|
|
2
|
PAS8302
|
Metodologi Penelitian Pendidikan
|
3
|
|
|
|
|
3
|
PAS8303
|
Statistika
|
3
|
|
|
|
|
4
|
PAS8204
|
Bahasa Inggris
|
2
|
|
|
|
|
Jumlah sks Mata Kuliah PPs
|
10
|
0
|
0
|
0
|
|
||
II. Mata Kuliah Prodi
|
|
|
|
|
|
||
1
|
PEP8201
|
Psikologi Pendidikan
|
2
|
|
|
|
33
|
2
|
PEP8302
|
Metodologi Penelitian Kualitatif
|
3
|
|
|
|
|
3
|
PEP8303
|
Evaluasi Program Pendidikan
|
|
3
|
|
|
|
4
|
PEP8204
|
Teori Tes Klasik
|
|
2
|
|
|
|
5
|
PEP8305
|
Desain dan Analisis Eksperimen
|
|
3
|
|
|
|
6
|
PEP8206
|
Konstruksi Instrumen
|
|
2
|
|
|
|
7
|
PEP8307
|
Korelasi dan Regresi
|
|
|
3
|
|
|
8
|
PEP8208
|
Statistik Nonparametrik
|
|
|
2
|
|
|
9
|
PEP8209
|
Mata Kuliah Bidang Studi
|
|
2
|
|
|
|
10
|
PEP8114
|
Teknik Analisis Data
|
|
|
1
|
|
|
11
|
PEP8110
|
Proposal Tesis
|
1
|
|
|
|
|
12
|
PEP8211
|
Seminar Proposal Tesis
|
|
2
|
|
|
|
13
|
PEP8512
|
Tesis
|
|
|
6
|
|
|
14
|
PEP8113
|
Penulisan Karya Tulis Ilmiah
|
|
|
|
1
|
|
Jumlah sks Mata Kuliah Prodi
|
6
|
14
|
12
|
1
|
|
||
III. Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
|
|
|
|
|
|
||
|
A. Konsentrasi Pengukuran dan Pengujian
|
|
|
|
|
|
|
1
|
PPP8221
|
Teori Respons Butir
|
|
|
2
|
|
5
|
2
|
PPP8222
|
Manajemen Pengujian
|
|
2
|
|
|
|
3
|
PPP8123
|
Praktik Pengukuran dan Pengujian
|
|
|
1
|
|
|
|
B. Konsentrasi Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
1
|
PKE8231
|
Dasar Penelitian Kebijakan
|
|
2
|
|
|
5
|
2
|
PKE8232
|
Model Evaluasi Kebijakan
|
|
|
2
|
|
|
3
|
PKE8133
|
Praktik Evaluasi Program
|
|
|
1
|
|
|
JUMLAH TOTAL SKS YANG DIAMBIL
|
16
|
16
|
15
|
1
|
48
|
E. Rencana Anggaran Biaya
Rencana anggaran biaya yang diajukan merupakan perkiraan umum mengenai biaya studi (termasuk biaya pra dan pasca studi) dan biaya hidup sebagai mahasiswa pasca sarjana dengan status tinggal sendiri (tidak membawa keluarga). Rincian mengenai rencana anggaran biaya studi adalah sebagai berikut.
Komponen Biaya
|
Besaran Dasar
|
Jumlah
|
Total
|
Keterangan
|
Referensi
|
Biaya Kuliah
|
|||||
Pendaftaran
|
Rp300.000
|
1
|
Rp300.000
|
|
|
Sumbangan
Awal
|
Rp1.500.000
|
1
|
Rp1.500.00
|
|
|
SPP
|
Rp7.500.000
|
4
|
Rp30.000.000
|
|
|
Pembekalan
Bahasa Inggris dan Statistika
|
Rp900.000
|
1
|
Rp900.000
|
|
|
Praktikum
|
Rp500.000
|
3
|
Rp1.500.000
|
|
|
ATK/Print
|
Rp300.000/bulan
|
2
x 12 bulan = 24 bulan
|
Rp7.200.000
|
|
Perkiraan
biaya print
|
Buku,
modul, dan penunjang lainnya
|
Rp50.000
|
20
modul
|
Rp1.000.000
|
|
Rata-rata
harga buku di Bandung Book Center
|
Penelitian
dan Tesis
|
Rp5.000.000
|
1
|
Rp5.000.000
|
|
Forum
Alumni UNY
|
Wisuda
|
Rp1.500.000
|
1
|
Rp1.500.000
|
|
Akademik
PPs UNY
|
Transport
Wisuda untuk keluarga
|
Rp750.000
|
1
|
Rp750.000
|
|
Sewa
mobil (Trac Rent Gede Bage Bandung)
|
Biaya
Hidup
|
|
|
|
|
|
Sewa
kos
|
Rp6.000.000/tahun
|
2
tahun
|
Rp12.000.000
|
|
Facebook
KM Al-Huda UNY (facebook.com/alhudauny)
|
Makan
|
Rp35.000/hari
|
2
x 365 hari = 730 hari
|
Rp.25.550.000
|
|
Warteg
sekitar UNY
|
Transportasi
|
Rp360.000
|
4
kali
|
Rp1.440.000
|
|
Harga
tiket bus Yogyakarta – Bandung PP dari m.jadwalbis.com (App Android)
|
Anggaran
tak terduga
|
Rp1.500.000
|
2
tahun
|
Rp3.000.000
|
|
Perkiraan
biaya jika sakit
|
Jumlah
|
Rp91.640.000
|
F. Rencana Pasca Studi
Terdapat beberapa rencana setelah menyelesaikan studi magister penelitian dan evaluasi pendidikan, adapun beberapa rencana pasca studi diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Mampu melaksanakan penelitian di bidang pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah.
2. Mampu berkarya dalam bidang penelitian pendidikan dengan menulis karya tulis ilmiah dan membuat model atau metode pendidikan yang inovatif.
3. Berpartisipasi dalam pengupayaan pendidikan layak untuk berbagai lapisan masyarakat.
4. Mengaplikasikan teori-teori dan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat.
5. Menjadi peneliti dibidang pendidikan yang kredibel dan profesional.
Adapun langkah-langkah yang direncanakan dalam rangka mencapai cita-cita dan harapan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Bergabung dengan lembaga yang sesuai dengan kajian penelitian dan pengembangan pendidikan.
2. Membentuk tim penelitian dan membuat proposal pengajuan biaya penelitian kepada berbagai sponsor.
3. Membangun rumah belajar sebagai wadah masyarakat yang mau untuk belajar dan mengusahakan upaya-upaya untuk bidang pendidikan.
4. Menjadi pendidik di lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal.
5. Mengusahakan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya (S3/doktoral) dalam rangka meningkatkan kompetensi akademik maupun praktis di bidang penelitian pendidikan
Sumber kutipan : UU Sisdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. [Download]. Tersedia : www.unpad.ac.id/wp.../UU20-2003-Sisdiknas.pdf (17 September 2015)
Teteh ... rencana studinya lengkap bangett, pantesan aja .... izin untuk dipelajari ya Teh. :)
ReplyDeleteJangan lupa mampir ke sini Teh htpp://nelvianti.blogspot.com
Izin untuk dipelajari ya,,terima kasih telah banyak berbagi..
ReplyDeleteAssalammu'alikum Mbak. Mbak, setelah membaca tulisan ini saya ingin bertanya lebih jauh tentang prodi PEP yang masih asing bagi saya. Bolehkah Mbak? Lewat mana saya bisa menghubungi Mbak Eli? Informasi dari Mbak Eli akan sangat bermanfaat untuk saya. Terima kasih.
ReplyDeleteizin di jadikan penduan iya mbak triakasih semoga selalu memberikan manfaat
ReplyDeletesangat bermanfaat.. terimakasih ya mbak.
ReplyDeleteMaaf Mba @elimeivawati aku mau izin Copy panduanya, aku harap Mba tidak keberatan dengan Hal ini. terima kasih sebelumnya di lain waktu jika bertemu saya ingin mengucapkan langsung ucapan terima kasih saya ini. sukses slalu yah mba
ReplyDeletesangat bermanfaat sekali mbak.. mohon izin untuk dijadikan panduan
ReplyDeletemba saya izin belajar ya
ReplyDeleteSangat bermanfaat, izin untuk di pelajari mba.
ReplyDeleteNderek maturnuwun mbak..,🙏🏻
ReplyDeleteterima kasih mba...
ReplyDeleteassalamualaikum, teh. izin teh untuk form Proposal Studinya teh ada nggak. izin teh biar bisa dapet pencerahan.
ReplyDeletemakasih ya mb, sangat bermanfaat
ReplyDelete