Pages

Popular Posts

Friday, August 21, 2015

RPP Bahasa Indonesia Kelas III (Membuat Karangan Bebas)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PPL-P PGSD UPI KAMPUS CIBIRU

Satuan Pendidikan    : SDN Percobaan
Kelas/Semester         : 3A / Genap
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan          : Membuat karangan bebas berdasarkan gambar seri
Hari/Tanggal             : Kamis, 5 Maret 2015
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit
A.       Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
B.       Kompetensi Dasar
8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
C.        Indikator
Siswa mampu menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik.
D.       Tujuan Pembelajaran
Melalui menulis kolaborasi siswa mampu menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik dengan baik dan benar.
E.        Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan   : Konstruktivis
2.      Model                        : Model menulis kolaborasi
3.      Metode          : Tanya jawab, diskusi, penugasan
F.        Alat, Media, dan Sumber Belajar
1.      Alat                : Seperangkat papan tulis dan infokus
2.      Media             : Gambar berseri
3.      Sumber Belajar
a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006
b.      Ismoyo dan Romiyatun. 2007. Aku Bangga Bahasa Indonesia, untuk Sekolah Dasar Kelas 3. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
G.       Materi Pembelajaran
Contoh karangan berdasarkan gambar berseri (terlampir)
H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.    Guru melakukan pengecekan kesiapan siswa secara psikis dan fisik  untuk mengikuti pelaksanaan pembelajaran lalu mengajak siswa untuk berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.    Siswa memeriksa kebersihan kelas dan dirinya sendiri.
3.    Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.    Guru memberi motivasi belajar siswa.
Apakah kalian siap untuk belajar hari ini?
Jika siap katakan yes yes yes  siap!
Hari ini kalian harus lebih siap dan lebih semangat untuk belajar. Berikan senyum terbaikmu hari ini!
5.    guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari (apersepsi)
Apakah kalian ingat dengan pembelajaran kemarin? Apa yang kalian pelajari? Apakah kalian suka menulis? Adakah yang bercita-cita ingin menjadi penulis?
6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Siswa mengamati gambar berseri dan contoh karangan dari gambar berseri tersebut.
2.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang gambar yang diamatinya.
Elaborasi
3.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (4-6 orang setiap kelompok)
4.      Masing-masing kelompok dibagikan gambar berseri untuk kemudian menulis karangan tentang gambar berseri bersama kelompoknya.
Konfirmasi
5.      Beberapa kelompok menyampaikan hasil tulisannya di depan kelas.
6.      Siswa melakukan penilaian terhadap kelompok yang telah berpartisipasi
7.      Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
10 menit




30 menit





10 menit
Kegiatan Akhir
1.    Siswa melakukan refleksi tentang pemahamannya dengan bertanya seputar materi yang belum dipahami.
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok atau individual untuk mengutarakan pendapat berupa kesimpulan atas pembelajaran yang telah dilakukan.
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas rumah/penekanan terhadap siswa agar belajar kembali di rumah.
4.    Siswa bersiap untuk mengikuti pembelajaran berikutnya/istirahat/pulang dan berdoa bersama.
10 menit

I.         Penilaian
1.      Jenis dan bentuk penilaian
a.       Penilaian Pengetahuan              : Tes Tulis (Menulis karangan)
b.      Penilaian Keterampilan             : Unjuk kerja (Kerjasama dalam kelompok)
c.       Penampilan Sikap                       : Pengamatan
2.      Prosedur Penilaian
a.       Postes
b.      Proses
3.      Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Pengetahuan
Menulis karangan berdasarkan gambar berseri
No
Nama Siswa
Mengetahui penggunaan tanda baca
Mengetahui penggunaan huruf kapital
Nilai











Kriteria
Nilai 1
Nilai 2
Nilai 3
Nilai 4
Penggunaan tanda baca salah
Penggunaan tanda baca sudah ada yang benar
Sebagian besar penggunaan tanda baca sudah benar
Penggunaan tanda baca benar semua
Penggunaan huruf kapital salah
Penggunaan huruf kapital sudah benar tetapi masih ada sebagian yang salah
Sebagian besar penggunaan huruf kapital sudah benar
Penulisan huruf kapital sudah sangat tepat

b.      Penilaian keterampilan
Menulis karangan dan menyampaikannya secara lisan
No
Nama Siswa
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karangan
Menyampaikan hasil tulisannya dengan Bahasa Indonesia secara lisan
Nilai











c.       Penilaian Sikap
Daftar Ceklis
No
Nama Siswa
Saling menghargai
Tidak Terlihat
Kurang Baik
Cukup Baik
Sangat Baik








No comments:

Post a Comment